Kiat Sukses Memasarkan Buku
Pelatihan Belajar Menulis PGRI
Gelombang 23 - 24
Pertemuan ke- 19
Senin, 28 Pebruari 2022
Judul : Pemasaran Buku
Narasumber : Agust Subardana, S.E, MM.
Moderator : Raliyanti
Walau libur, tetap lembur. Begitu semangatnya semua teman di grup menulis, sampai hari liburpun tetap ada pertemuan. Begitulah ... Semangat yang terus berkobar, karena terus dikipasi oleh mentor - mentor yang tak pernah lelah mengingatkan dan mengajak ke suatu pencapaian, sukses membuat buku dan sukses juga dalam memasarkan.
Maka, kehadiran Pak Agust Subardana, sebagai narasumber sangatlah tepat. Beliau berpengalaman dalam bidang pemasaran buku, dan sudah bergabung dengan Penerbit Andi sejak tahun 1996. Waktu yang cukup untuk menimba pengalaman, yang malam ini akan dibagikan. Didampingi Bu Ruliyanti sebagai moderator, semangat kami semakin menyala. Seperti api yang menyala.
Mari kita simak apa saja yang dipaparkan oleh Pak Agust yang sangat baik hati.
Pak Agus bercerita, bagaimana pandemi telah meluluh lantakkan penjualan barang cetakan seperti buku. Dan ini sesuai dengan data dari IKAPI, jika penjualan buku menurun 50 - 80 %. Meskipun berdasarkan laporan Nielsen Bookscan ICM (2021) ada beberapa buku dengan genre tertentu mengalami kenaikan.
Ada 5 hal yang dapat dilakukan dalam menunjang suksesnya penjualan online, yaitu :
1. Melakukan pengelolaan secara intens terhadap buku - buku best seller.
2. Melakukan program Pre Order melalui toko buku online, e-commerce, atau reseller individu. Selain itu juga menjual merchandise, e-book, dan membuat konten.
3. Melakukan optimalisasi di semua lini produk (promosi, branding, reseller), sehingga buku bukan hanya bahan bacaan tetapi menjadi bagian dari gaya hidup.
4. Melakukan optimalisasi stick program melalui bundling dan online
5. Mengelola dead stock (buku - buku yang tidak terjual) melalui program diskon dan mengadakan pameran buku (Book fair) secara online.
Penerbit Andi juga menawarkan buku - buku produksinya melalui komunitas dengan mengadakan webinar melalui Zoom, Live streaming You Tube dan TV ANDI.
Dalam pemasaran offline, Penerbit Andi memiliki cabang di setiap kota dari Aceh hingga Papua. Jumlahnya mencapai 90 cabang. Penerbit Andi juga bekerja sama dengan beberapa toko buku , baik yang modern, semi midern, maupun tradisional.
Proses pemasaran suatu produk sangat tergantung pada bagian pemasaran (marketing).Bagian marketing toko buku mempunyai tugas sebagai berikut :
1. Merapihkan display.
2. Cek stok
3. Menjalin hubungan baik dengan toko.
4. Skill Selling
5. Menganalisa toko
6. Melakukan RO (Repeat Order)
Saat merapikan display, bagian marketing harus paham letak setiap buku pada rak atau tempatnya. Buku best seller akan berada di rak best seller. Buku anak menempati rak yang berbeda dengan buku remaja, dsb.
Contoh Buku - buku Best SellerCek stok dilakukan agar jangan sampai terjadi kehabisan barang/buku tertentu atau istilahnya stok habis (loss sakes). Caranya yaitu dengan mengambil data penjualan setiap hari atau 2 - 3 hari sekali, tergantung besar kecil toko.
Menjalin hubungan baik, bertujuan : agar mudah mendapatkan display khusus, mudah mendapat info tentang pameran atau program khusus , mudah mengajukan RO, dan memdapat rekomendasi untuk pengadaan buku di suatu sekolah. Pendekatan bisa dilakukan dengan entertain, dan memilih waktu yang tepat.
Selling skill adalah kemampuan menjual produk. Seorang sales harus aktif selling, menanyakan kebutuhan konsumen dan mengarahkan ke tempat buku yang dicari.
Menganalisa toko berarti menganalisa buku - buku yang best seller, menganalisa konsumen yang datang, misal jenis usia agar bisa menyesuaikan display.
Melakukan RO untuk menjaga buku tetap tersedia di display .
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk strategi promosi di toko modern, yaitu :
1. Menguasai display, dengan tujuan agar buku kelihatan menonjol
2. Mengadakan promosi di internal toko, misalnya memasang produk di neon box, atau ditambahkan banner.
3. Mengadakan acara talk show, bedah buku,dan potongan harga pada periode tertentu
4. Mengadakan even tematik sesuai momen pada bulan berjalan. Contohnya, Ramadhan, Tahun Ajaran Baru, dsb
Dari itu semua, yang menjadi kunci adalah harus proaktif dan komunikatif dengan pihak internal toko.
Direct selling atau penjualan langsung bisa dilakukan sebagai upaya dalam membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah. Dengan direct selling, biaya iklan bisa dipangkas, menghindari biaya over head, dan membangun hubungan dengan pelanggan dalam waktu lama.
Produk Penerbit Andi, juga banyak dipasarkan secara langsung, melalui perwakilan penjualan independen (sakes direct selling). Sehingga mengurangi mata rantai distribusi,pembeli bisa membeli melalui distributor langsung.
Demikian seluk beluk pemasaran yang dipaparkan oleh Pak Agus. Semua yang dipaparkan menjadi ilmu yang sangat bermanfaat. Sebelum menutup kegiatan, beliau memberikan kalimat bijak yang disadur dari Richi Norton :
"Tantangan terbesar dalam hidup adalah mengubah tragedi menjadi kemenangan, kesedihan menjadi kesuksesan, dan kebingungan menjadi kepercayaan diri"
Tetap semangat lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali
BalasHapusMantul.... resumenya
BalasHapusTerima kasih
HapusSemangat
BalasHapusKualitas tulisan yang baik
Terima kasih selalu memotivasi
Hapus